Home » » Istri Penenang Suami

Istri Penenang Suami


Suatu malam, seorang Ayah berjalan gontai pulang ke rumah. Sepanjang hari, usahanya menjual bakso tidak mendatangkan banyak pembeli. Diketuknya pintu rumah. “Assalamualaikum” Sapa suami.
“Waalaikumussalam, bagaimana, yah? Hari ini bawa apa?” Sambut sang istri.
“Haahh, gak ada bun. Seharian jualan sepi pembeli.”
“Loh, Ayah ini bagaimana toh? Seharian kerja masak tidak mendapat apa-apa. Tagihan listrik belum dibayar loh, yah, SPP anak-anak juga masih nunggak. Yaudah malam ini tidur di depan pintu! Jangan masuk!

Bayangkan! Jika Anda sebagai suami, punya istri seperti itu. Apa yang Anda rasakan? Kesal, marah, pasti. Seharian sudah bermandikan peluh, banting tulang demi anak istri. Sampai di rumah? Ditendang begitu saja. Sakitnya tuh di sini! Jika di kemudian hari, Sang Suami pulang tanpa hasil lagi, yang ia pikirkan mungkin seperti ini “ Ah, untuk apa pulang, nanti juga diusir lagi. Mending tak pulang sekalian!”
Wahai para istri, simaklah baik-baik hadits di bawah ini :

Tidaklah seorang wanita menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya dari kalangan bidadari berkata : ‘Jangan sakiti dia ! Celakalah kamu, karena sesungguhnya dia hanya singgah di sisimu. Sebentar lagi dia akan meninggalkanmu ke tempat kami.” ( Jami’ at-Tirmidzi, 1174)
Wahai para istri, masih adakah Anda yang seperti itu? Di manakah kalian dari firman Allah SWT :
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ (الروم : 21)
 Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (Q.S. Ar-Rum : 21)

Bukankah dengan  jelas Allah menjelaskan melalui ayat ini, salah satu tugas istri terhadap suami adalah membuat suami tentram, membuat hati suami tenang,. "لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا" Lihatlah. Kata yang dipakai dalam ayat tersebut. Kata "سكن" dalam bahasa Arab berarti berhenti bergerak. Bila hati suami bergerak-gerak tak karuan, digoncang dengan berbagai permasalahan hidup, siapa yang mendiamkan hatinya, istri. Ya, istrinya! istri penenang suami!

Beda situasinya jika saat itu Sang Istri berkata “Yaudah, yah. Mungkin rezekinya besok, bukan hari ini. Masuk dulu yuk, yah. Bunda sudah masak air untuk ayah mandi. Ayah pasti capek” Wah, siapa yang tidak senang punya istri seperti itu. Ini nih, yang membuat suami makin sayang!

Suami jadi merasa betah di rumah. Rumah adalah tempat berlabuh bagi suami, bila banyak masalah di luar sana, suami jadi ingin cepat-cepat pulang, ingin segera bertemu istrinya, sang penenang hati. Istri adalah obat dari semua kegalauan!

Suami istri harus melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik agar bahtera rumah tangga tidak dipenuhi dengan pertengkaran. Anda semua pasti juga sepakat, bila pertengkaran suami istri akan berdampak juga terhadap perkembangan anak. Anak tidak akan merasakan ketentraman di dalam rumah, ia akan hidup dalam ketegangan dan ketakutan. Tak menutup kemungkinan, sikap cepat marah orang tua akan turun kepada anak. Ingatlah, anak adalah peniru yang ulung.

Oleh Karena itu, hadapilah setiap permasalahan keluarga dengan bijak. Wahai istri, tenangkanlah suami Anda. Jangan sampai salah sikap, bila tak mau keturunan anda mewarisi hal yang tidak pantas.
Thanks for reading Istri Penenang Suami

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Cerpen (1) it's me (10) Prosa (2) Special (13) Theory of me (6) Think again (8)
Powered By Blogger